Selasa, 31 Mei 2011

KABUPATEN BANJAR TAMPILKAN KESENIAN DI "TONG TONG FAIR"

………………………
Noripansyah yang bertindak sebagai manajer rombongan kesenian dari Sultan Banjar itu kepada koresponden ANTARA London, Senin, mengatakan bahwa ia merasa puas dengan penampilan Tim Kesenian Banjar yang utuk pertama kalinya tampil di luar negeri.
Penampilan kesenian dari Sangar Kesultanan Banjar di bawah pimpinan Sultan Banjar sekaligus Bupati Banjar yaitu Raja Chairul Saleh dan Ratu Raudatuljanah itu sepenuhnya didukung oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

"Kami senang bisa tampil berpartisipasi dalam mengikuti misi kebudayaan Indonesia di luar negeri," ujar lulusan Mastrict University yang bangga bisa membawa rekan rekannya mangung di Tong Tong Fair.

Dikatakannya, Sangar Kesultanan Banjar yang sering tampil dalam berbagai acara-acara di daerah dalam acara Tong Tong Fair juga menampilkan Titik Laran, Japin Rantauan, Semangat Ratu Zaleha dan Maranting Intan dan tarian Radap Rahayu.

Tarian yang menggambarkan bidadari yang datang untuk menyelamatkan kekalahan perang dari prajurit Kerajaan Banjar yang akhirnya tarian ini digunakan dalam upacara menyambut tamu kehormatan ……….
………………………………………….

Berita di atas kukutip dari (T.H-ZG/B/F002/F002) 31-05-2011 08:38:59
http://antarajendeladunia.blogspot.com/

Setelah kucermati berita tersebut di atas :
1) Benarkah ada Sanggar Kesultanan Banjar yang sering tampil dalam berbagai acara-acara di daerah ? Sepengetahuanku rasanya belum ada Sanggar Kesultanan Banjar.
2) Tarian Radap Rahayu bukan menggambarkan bidadari yang datang untuk menyelamatkan kekalahan perang dari prajurit Kerajaan Banjar, yang benar adalah bidadari melakukan puja bantam (beradab-adab) dalam menyelamatkan Perahu Prabuyaksa yang kandas dan hampir tenggelam.
3) Sinopsis Tari Radab Rahayu saja keliru, jangan-jangan sinopsis Tari Semangat Ratu Zaleha, ragam geraknya keliru dan juga tidak menyebutkan namaku sebagai penciptanya atau diganti dengan nama orang lain soalnya tarian ini tidak seizinku.Dan setelah aku membaca Tabloit Urbana,06 Juni 2011,pelatih tari dan penarinya semuanya penari pemula,tidak profisional.*** (Arsyad Indradi)

Tidak ada komentar: